WELCOME

WELCOME TO MY ZONE

Pages

Sabtu, 17 Januari 2009

Bukan penyihir yang biasa kita kenal



THE BARTIMAEUS TRILOGY





Saya tidak tahu, tapi menurut saya hanya sedikit orang Indonesia yang pernah membaca trilogy novel Bartimaeus karya Jonathan Stroud yang berhasil meraih Bestseller New York Times dan sebagai salah satu kisah fantasi paling hidup dan inventif selama beberapa tahun terakhir.

Novel ini bercerita tentang seorang jin yang bernama Bartimaeus yang berteman(kalau bisa dikatakan) dengan Nathaniel, penyihir laki-laki yang memanggilnya. Penyihir di novel ini tidak sama dengan penyihir di cerita Harry Potter ataupun The Lord of The Rings(Gandalf dan Saruman). Penyihir tidak membaca mantra ataupun mengayunkan tongkat melainkan memanggil makhluk sihir seperti marid, afrit, jin, foliot, dan imp yang tiap tingkatan mempunyai jenis yang berbeda-beda dari dalam pentacle(sebuah gambar lingkaran yang digambar di lantai)

yang mempunyai sifat agak ambisius dan yah… agak ceroboh ia dapat memanggil jin(bartimaeus) yang merupakan tingkat ke-3 dalam klasifikasi makhluk. Ia pun berhasil merebut amulet tersebut. Ternyata Lovelace berniat membunuh para pejabat di dalam sebuah aula yang sudah ditutupi oleh segel sehingga tak ada yang dapat masuk dan keluar, aula tersebut sedang digunakan sebagai tempat pesta. Lovelacepun berniat memanggil Ramuthra, salah satu dari sedikit makh;luk yang klasifikasinya berada di atas marid(tingkat pertama).

Amulet tersebut ternyata adalah benda sihir yang mempunyai kekuatan magis yang hebat yang dapat menahan dan menyerap kekuatan sihir sehebat apapun, dan ia berhasil merebutnya kembali dari Nathaniel, agar ia menjadi satu-satunya orang yang selamat dari serangan Ramuthra. Nathaniel dan Bartimaeuspun berniat menggagalkan rencana Lovelace dengan merebut amulet dan terompet pemanggil yang digunakan untuk memanggil Ramuthra. Kekalahan dan kematian Lovelace menjadi akhir dari buku ini. Oh ya aku lupa menjelaskan bahwa di zaman ini derajat para penyihir berada di atas manusia biasa, dan ada kelompok yang bernama Resistance yang berniat menjatuhkan kedudukan para penyihir. Di kelompok tersebut ada seorang anak perempuan bernama Kitty yang akan memegang peran penting dalam buku ke-2 dan 3.

Penasaran atau tidak buku ini patut dibaca untuk orang-orang yang menyukai fiksi dan hal-hal yang berbau magis walaupun dapat dikatakan buku ini lebih berat daripada Harry Potter. selain di sini anda juga bisa melihat berbagai macam buku di bukumaniak.blogspot.com


Tidak ada komentar: